Menu

Mode Gelap
Laksanakan Intruksi Presiden, Bupati Suhardiman Bangun Jalan 17 KM Lewat Dana APBN Hadiri Pekan Kenduri Budaya Riau di Jakarta, Bupati Suhardiman : Budaya Kuansing Siap Mendunia Sembunyi Dalam Kebun, 2 Orang Pelaku Pengeroyokan Mengakibatkan Korban Meninggal Ditangkap Polisi Nuzul Quran di Mesjid Agung, Bupati Kuansing Suhardiman Ajak Masyarakat Kuansing Cinta Al Quran Bupati Kuansing Suhardiman Sampaikan Safari Ramadhan Sebagai Sarana Komunikasi Silaturahmi

Nasional · 23 Oct 2022 13:02 WIB ·

Berikut Cara Mencegah Gagal Ginjal yang Perlu Diketahui, Ubah Gaya Hidup


 Berikut Cara Mencegah Gagal Ginjal yang Perlu Diketahui, Ubah Gaya Hidup Perbesar

Topriau – Ginjal adalah sepasang organ yang terletak di bagian punggung bawah. Ginjal berperan untuk menyaring darah dan membuang racun dari tubuh. Racun kemudian masuk ke kandung kemih dan dihilangkan dari tubuh saat buang air kecil.

Namun, ketika Anda mengalami gagal ginjal, maka organ ini akan kehilangan kemampuannya untuk menyaring limbah dari darah. Karena saat mengalami gagal ginjal berarti 85-90% fungsi ginjal Anda akan hilang.

Tekanan darah tinggi dan diabetes adalah dua penyebab paling umum dari gagal ginjal. Penyebab lainnya juga bisa karena cedera fisik, penyakit, atau gangguan lainnya. Paparan racun dari polutan lingkungan atau obat-obatan tertentu, dehidrasi parah, hingga aliran darah ke ginjal tidak mencukupi juga bisa menjadi faktor yang mengganggu fungsi ginjal.

Peran ginjal sangat penting bagi fungsi tubuh. Oleh karena itu, ada beberapa cara mencegah gagal ginjal yang bisa Anda terapkan sedini mungkin untuk menghindari kerusakan pada fungsi ginjal Anda

 

 

Cara mencegah gagal ginjal yang pertama adalah dengan mengelola gula darah. Dikutip dari Healthline, diabetes dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan gagal ginjal. Alasan ini mungkin sudah cukup bagi Anda untuk mengelola gula darah lebih baik.

Kelola tekanan darah

Cara mencegah gagal ginjal yang kedua yaitu dengan mengelola tekanan darah Anda. Tekanan darah tinggi juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung serta gagal ginjal.

Cara mencegah gagal ginjal ketiga dengan menjaga berat badan yang sehat. Ini karena obesitas dapat meningkatkan risiko Anda untuk kondisi yang berhubungan dengan gagal ginjal, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.

Konsumsi makanan yang menyehatkan jantung

Cara mencegah gagal ginjal yang keempat dengan mengonsumsi makanan yang menyehatkan bagi jantung. Diet jantung sehat, yang rendah gula dan kolesterol serta tinggi serat, biji-bijian, dan buah-buahan serta sayuran, akan membantu Anda mencegah penambahan berat badan.

Cara mencegah gagal ginjal yang kelima yaitu dengan mengurangi asupan garam. Makan terlalu banyak garam juga dikaitkan dengan tekanan darah tinggi.

Minum air putih yang cukup

Ketika Anda mengalami dehidrasi, maka dapat mengurangi aliran darah ke ginjal Anda, yang pada akhirnya dapat merusak organ tersebut. Tanyakan kepada dokter berapa banyak air yang harus Anda minum per hari.

Konsumsi alkohol dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Kalori ekstra yang ada di dalamnya juga bisa membuat Anda bertambah gemuk.

Jangan merokok

Kebiasaan Anda merokok akan mengurangi aliran darah ke ginjal Anda. Hal ini nantinya dapat merusak fungsi ginjal pada orang dengan atau tanpa penyakit ginjal.

Batasi obat pereda nyeri yang dijual bebas

Dalam dosis tinggi, obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), seperti aspirin, ibuprofen, dan naproxen, dapat mengurangi jumlah aliran darah ke ginjal, yang dapat membahayakan ginjal.

Kurangi stres

Mengurangi stres dan kecemasan juga menjadi cara mencegah gagal ginjal karena dapat menurunkan tekanan darah, yang baik untuk ginjal Anda.

Berolahraga secara teratur

Olahraga, seperti berenang, berjalan, dan berlari, dapat membantu mengurangi stres, mengelola diabetes dan tekanan darah tinggi, serta menjaga berat badan yang sehat.

Gejala Gagal Ginjal

Gagal ginjal tahap awal seringkali tidak menimbulkan gejala yang menonjol. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), sebanyak 90 persen orang dengan penyakit ginjal kronis tidak tahu bahwa mereka memiliki masalah pada ginjalnya.

Saat penyakit ginjal berkembang, gejala yang mungkin terjadi meliputi:

jumlah urine yang berkurang
pembengkakan kaki dan pergelangan kaki Anda dari retensi cairan yang disebabkan oleh kegagalan ginjal untuk menghilangkan limbah air
sesak napas yang tidak dapat dijelaskan
kantuk atau kelelahan yang berlebihan
mual terus menerus
kebingungan
rasa sakit atau tekanan di dada Anda
kejang
koma

Tanda-tanda awal gagal ginjal

Gejala penyakit ginjal tahap awal mungkin sulit untuk ditentukan. Karena gejalanya muncul secara halus dan sulit untuk diidentifikasi. Jika Anda mengalami tanda-tanda awal penyakit ginjal, mungkin seperti:

– penurunan urine
– pembengkakan pada anggota badan yang disebabkan oleh retensi cairan
– sesak napas (***)

 

 

 

 

Sumber : Merdeka. Com

Artikel ini telah dibaca 64 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kapolri Ucapkan Selamat Natal dan Tahun Baru: Mari Rayakan Penuh Kedamaian

24 December 2023 - 16:09 WIB

Luncurkan SemuaNews, Ketua Dewan Pers Apresiasi yang Tinggi Pada Inisiatif JMSI

31 July 2023 - 12:10 WIB

Manfaatkan Sport Center, Bupati Kuansing Suhardiman : Lebih Banyak Lagi Gelar Turnament 

22 June 2023 - 12:12 WIB

Promosi Budaya dan Pariwisata Kuansing Dihadiri Puluhan Duta Besar Negara Sahabat

18 June 2023 - 14:01 WIB

Dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Kepada Masyarakat, Suhardiman Ikuti Seminar FORWAKADA di Solo

12 June 2023 - 16:56 WIB

Hadiri Pekan Kenduri Budaya Riau di Jakarta, Bupati Suhardiman : Budaya Kuansing Siap Mendunia

10 June 2023 - 21:55 WIB

Trending di Nasional