Menu

Mode Gelap
Laksanakan Intruksi Presiden, Bupati Suhardiman Bangun Jalan 17 KM Lewat Dana APBN Hadiri Pekan Kenduri Budaya Riau di Jakarta, Bupati Suhardiman : Budaya Kuansing Siap Mendunia Sembunyi Dalam Kebun, 2 Orang Pelaku Pengeroyokan Mengakibatkan Korban Meninggal Ditangkap Polisi Nuzul Quran di Mesjid Agung, Bupati Kuansing Suhardiman Ajak Masyarakat Kuansing Cinta Al Quran Bupati Kuansing Suhardiman Sampaikan Safari Ramadhan Sebagai Sarana Komunikasi Silaturahmi

Live · 11 Mar 2024 10:17 WIB ·

Tradisi Balimau Kasai Menyambut Ramadhan 1445 Hijriah di Desa Pulau Belimbing


 Tradisi Balimau Kasai Menyambut Ramadhan 1445 Hijriah di Desa Pulau Belimbing Perbesar

Kampar | Topriau – Sehari Menjelang Ramadan, masyarakat di desa Pulau Belimbing, Kabupten Kampar, Riau, memiliki tradisi unik bernama balimau kasai. Umumnya, tradisi ini digelar sehari sebelum Ramadan. Mengutip dari berbagai sumber, balimau kasai dimaknai sebagai luapan kegembira sekaligus simbol penyucian diri untuk menyambut bulan suci Ramadan. Selain di Kabupaten Kampar, tradisi ini sebenarnya juga berkembang di berbagai daerah lain dengan versi berbeda.

Kegiatan balimau kasai bagi masyarakat Kampar menjadi sebuah tradisi sakral dengan ciri khas unik. Bukan tradisi biasa, masyarakat Kampar melakukn tradisi ini dengan dilengkapi berbagai kesenian tradisional, seperti kesenian talempang atau organ tunggal dengan lantunan lagu Ocu.

Di desa Pulau Belimbing ada berbagai kegiatan seperti panjat batang pinang, lomba menangkap ikan dan lain sebagainya. Antusias masyarakat menghadiri acara ini sangat tinggi, sehingga jalanan di pulau belimbing sejak siang hari di padati pengunjung.

Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Kampar, terkhusus bagi masyarakat pulau belimbing, karena dengan kegiatan seperti ini menggerakan perekonomian masyarakat. Harapan kedepannya kegiatan seperti ini lebih terancang dengan baik, sehingga bermanfaat untuk kita semuanya. (A.H)

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Serius Datangkan Gibran Di Pacu Jalur, Bupati Suhardiman Sambangi Balai Kota Surakarta

5 June 2024 - 14:05 WIB

Buka Bimtek Kepamongprajaan, Kepala BPSDM Kemendagri Siap Hadir Di Ajang Pacu Jalur Kuansing

4 June 2024 - 11:00 WIB

Benih Lobster Hasil Penindakan Polres Inhil, Dilepasliarkan di Pesisir Sumbar

3 June 2024 - 16:21 WIB

Biadab!!! 4 Tahun Cabuli Anak Tiri, Warga Seret Pelaku ke kantor Polisi

29 May 2024 - 19:13 WIB

Penampilan Kesenian Kuansing Pukau Delegasi World Water Forum ke-10 di Bali

25 May 2024 - 14:12 WIB

Wisuda Doktor Di Universitas Pasundan, Bupati Kuansing Suhardiman Di Dapuk Berikan Sambutan

18 May 2024 - 11:33 WIB

Trending di Kuantan Singingi