Menu

Mode Gelap
Laksanakan Intruksi Presiden, Bupati Suhardiman Bangun Jalan 17 KM Lewat Dana APBN Hadiri Pekan Kenduri Budaya Riau di Jakarta, Bupati Suhardiman : Budaya Kuansing Siap Mendunia Sembunyi Dalam Kebun, 2 Orang Pelaku Pengeroyokan Mengakibatkan Korban Meninggal Ditangkap Polisi Nuzul Quran di Mesjid Agung, Bupati Kuansing Suhardiman Ajak Masyarakat Kuansing Cinta Al Quran Bupati Kuansing Suhardiman Sampaikan Safari Ramadhan Sebagai Sarana Komunikasi Silaturahmi

Kuantan Singingi · 28 Nov 2022 13:45 WIB ·

Layur Jalur di Cerenti, Masyarakat Doakan Suhardiman Amby 2024 Menjadi Bupati Kuansing Lagi,


 Layur Jalur di Cerenti, Masyarakat Doakan Suhardiman Amby 2024 Menjadi Bupati Kuansing Lagi, Perbesar

CERENTI | TOPRIAU, — Kedepan agenda pelaksanaan Pacu Jalur Event di Kabupaten Kuantan Singingi itu hanya ada 3 yang akan dilaksanakan pada Agustus setiap tahunnya, yakni Tepian Saidina Ali Kuantan Mudik yang akan dilaksanakan pada 1 – 10 Agustus, Tepian Lubuok Sobae Basogha Kuantan Hilir 11 – 20 Agustus, serta di Tepian Narosa Teluk Kuantan 21 – 30 Agustus.

Sementara untuk kecamatan yang lainnya akan dikemas dalam rangka memeriahkan hari besar kalender nasional, misalnya dalam rangka hari pahlawan dan sebagainya.

Hal itu disampaikan Plt Bupati Kuansing Drs H Suhardiman Amby Ak MM saat memberikan arahan ketika menghadiri pelayuran jalur baru Bujang Gaga Dubalang Itam Desa Pulau Panjang Cerenti, Minggu (27/11/2022) malam di Desa Pulau Cerenti Kecamatan Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

“Ini akan mulai kita berlakukan sejak 1 Januari 2023 akan datang, dengan tujuan untuk lebih memperkenalkan lagi atau promosikan lebih luas lagi kebudayaan tradisional kita Pacu Jalur Kabupaten Kuantan Singingi hingga ke manca negara,” ucap Suhardiman Amby.

“Dimana nantinya kita juga akan membuat website khusus untuk promosi tentang kebudayaan yang akan mengundang turis atau wisatawan ke daerah kita ini, pacu jalur ini akan kita kemas dengan sebagus mungkin dan memiliki tujuan destinasi wisata lainnya, sepaket sehingga mampu menarik perhatian wisatawan nantinya,” jelas orang nomor 1 di Kabupaten Kuansing.

Untuk itu, Plt Bupati Suhardiman Amby menghimbau kepada seluruh masyarakat agar bisa mendukung seluruh program perencanaan daerah, termasuk dalam mempromosikan kebudayaan yang layak jual sehingga mampu mendatangkan wisatawan nantinya.

“Kami tidak akan bisa bekerja sendiri, untuk itu mari kita dukung dan sukseskan bersama program pemerintah daerah dalam memajukan Kabupaten Kuantan Singingi kedepannya,” ajak Suhardiman.

Dengan demikian, sambung Suhardiman Amby, secara tidak langsung akan terjadi peningkatan perekonomian bagi masyarakat Kuansing, ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Desa (Kades) Pulau Panjang Cerenti Dedeng Maika Putra ST menyampaikan, bahwa dalam proses pembuatan jalur baru Bujang Gaga Dubalang Itam itu hanya bermodalkan keyakinan dan kecintaan terhadap pacu jalur yang merupakan kebudayaan Kabupaten Kuansing.

“Dalam proses pembuatan jalur baru ini pak Bupati Suhardiman Amby, kami tidaklah punya modal yang cukup, namun inilah wujud kecintaan kami terhadap kebudayaan dan daerah kita ini, dalam melestarikan kebudayaan daerah Kabupaten Kuantan Singingi,” ucapnya.

Untuk itu, Dedeng begitu Kades Pulau Panjang Cerenti itu akrab disapa, atas nama masyarakat ia berharap adanya bantuan untuk pembiayaan pembuatan jalur baru tersebut, dimana saat ini masih kekurangan dana, ucapnya.

Dengan demikian, Plt Bupati dengan sigap mengajak seluruh jajarannya dan juga unsur masyarakat lainnya, baik itu TNI maupun Polri turut serta dalam melestarikan kebudayaan Kabupaten Kuansing.

Suhardiman Amby berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 37,5 juta dari hasil sumbangan bersama yang dimulai dari dirinya pribadi sebesar Rp 10 juta. Kemudian dari para Pejabat Kuansing (Kepala OPD .red) terkumpul sebesar Rp 10 juta.

Menyusul bantuan dari 2 orang Putra Jati Cerenti yang kini tengah duduk disinggasana parlemen Kuansing, yakni Wakil Ketua (Waka) I DPRD Kuansing Zulhendri SPWK sebesar Rp 5 juta dan Ketua Fraksi PKB DPRD Kuansing Aswimar SE ME sebesar Rp 5 juta.

Kemudian disusul oleh Erdiansyah yang kini merupakan Kadissos PMD Kuansing sebagai Putra Jati Cerenti tak mau kalah, turut menyumbang dengan besaran Rp 5 juta. Diikuti pula oleh Sekcam Kuantan Hilir Agus Supriyanto sebesar Rp 500 ribu.

Selanjutnya, bantuan juga datang dari Sang Owner SPBU Pesikaian Cerenti Rustam sebesar Rp 1 juta, dan dari Anggota DPRD Kuansing Hj Juniwarti Halim sebesar Rp 1 juta.

Dengan telah terkumpulnya dana untuk jalur baru Bujang Gaga Dubalang Itam Desa Pulau Panjang Cerenti itu, dengan total jumlah keseluruhan Rp 37,5 juta. Masyarakat Cerenti mengucapkan terimakasih kepada Plt Bupati Kuansing H Suhardiman Amby. “Terimakasih pak Bupati Suhardiman Amby, kami doakan 2024 Suhardiman Amby Bupati Kuantan Singingi lagi,” serunya serentak diiringi gemuruh keprokan tangan dalam suasan penuh kebahagiaan.*

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Judi Sabung Ayam Terus Beraktivitas Di Sungkai,  Bandarnya Kebal Hukum

24 June 2024 - 13:31 WIB

Didatangi Bupati Di Acara Subuh Berkah, Warga Tanah Ponggal Sentajo Ucapkan Syukur

16 June 2024 - 10:26 WIB

Sentajo Raya Bakal Sembelih 262 Hewan Kurban

14 June 2024 - 21:00 WIB

Di intruksikan Bupati, PUPR Gesa Perbaikan Jembatan Teratak

13 June 2024 - 13:36 WIB

Audensi Dengan Masyarakat Kenegrian Teratak, Bupati Suhardiman Langsung Eksekusi Keluhan Warga

12 June 2024 - 23:14 WIB

Hari Pertama Berkantor Di Desa, Camat Sentajo Raya Terima Keluhan Perangkat Desa dan BPD

11 June 2024 - 19:21 WIB

Trending di Kuantan Singingi