Menu

Mode Gelap
Laksanakan Intruksi Presiden, Bupati Suhardiman Bangun Jalan 17 KM Lewat Dana APBN Hadiri Pekan Kenduri Budaya Riau di Jakarta, Bupati Suhardiman : Budaya Kuansing Siap Mendunia Sembunyi Dalam Kebun, 2 Orang Pelaku Pengeroyokan Mengakibatkan Korban Meninggal Ditangkap Polisi Nuzul Quran di Mesjid Agung, Bupati Kuansing Suhardiman Ajak Masyarakat Kuansing Cinta Al Quran Bupati Kuansing Suhardiman Sampaikan Safari Ramadhan Sebagai Sarana Komunikasi Silaturahmi

Bisnis · 1 Nov 2022 12:26 WIB ·

Bupati Kuansing Suhardiman Amby Buka Langsung Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pemuda Mampu Tingkatkan Perekonomian


 Bupati Kuansing Suhardiman Amby Buka Langsung Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pemuda Mampu Tingkatkan Perekonomian Perbesar

Singingi | Topriau— Plt Bupati Kuantan Singingi Drs H Suhardiman Amby Ak MM membuka secara resmi Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pemuda dan Pemudi (Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik) se-Kecamatan Singingi di Gedung Serbaguna Desa Logas Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau pada Senin (31/10/2022).

Dalam arahannya, Plt Bupati H Suhardiman Amby menyarankan agar kegiatan yang ditaja oleh Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Singingi ini dapat memberikan suatu perubahan yang baik bagi masyarakat terutama pemuda dan pemudi yang menjadi peserta kegiatan hendaknya.

“Semoga kegiatan ini bisa mendorong percepatan peningkatan perekonomian masyarakat dibidang pertanian dengan tujuan menjadikan daerah yang memiliki ketahanan pangan dimasa yang akan datang,” ucap Suhardiman Amby.

Plt Bupati Kuansing perpesan agar masyarakat tidak hanya mengutamakan lahan untuk perkebunan sawit, akan tetapi bertani sayur-sayuran juga tidak kalah dari berkebun sawit. Dimana bertani sayur-sayuran hasilnya jauh lebih menjanjikan, sesuai kebutuhan kehidupan mayarakat sehari-hari.

“Terimakasih atas kerjasama Kepala Desa (Kades) Kecamatan Singingi yang sudah memfasilitasi dan menganggarkan untuk kegiatan yang lebih bermanfaat seperti ini, dimana masyarakat didorong untuk bertani tanaman pangan sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat nantinya,” ucap Suhardiman Amby yang bergelar adat Datuk Panglimo Dalam itu.

Tidak hanya itu, Suhardiman Amby juga menyarankan agar BKAD Singingi juga bisa menyediakan lahan untuk pertanian nantinya, sehingga bisa terkelola dengan baik dan ilmu yang didapat dalam pelatihan ini dapat bermanfaat.

“Setelah mengikuti pelatihan ini didarapkan agar para peserta bisa mempraktekannya didesa masing masing hendaknya, yakni jika perlu BAKD ini bisa mencarikan lahan untuk pertanian yang akan dilakukan sebagai implementasi dari pelatihan yang dilaksanakan ini,” harapnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Kuansing, Hisron yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut, ia mengatakan mendukung penuh kegiatan yang ditaja oleh BKAD Singingi untuk peningkatan perekonomian masyarakat didapilnya.

“Kita sangat mendukung semua program program yang dilaksanakan untuk masyarakat melalui adanya BKAD ini, dimana diharapkan ini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat nantinya, dengan diberikan pelatihan seperti ini,” ujar Hisron yang juga merupakan mantan Kepala Desa (Kades) Logas tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Singingi Deflides Gusni SP MSi menjelaskan, bahwa dirinya selaku camat sangat mendukung kegiatan ini dilaksanakan demi mendorong untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

“Pada intinya kita sangat mendukung, dan berharap agar kegiatan semacam ini mampu memberikan ilmu yang bisa diterapkan dan mampu memberikan perubahan menuju peningkatan perekonomian kedepannya,” kata Deflides Gusni.

Sedangkan Ketua Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Singingi, Daryanto yang juga merupakan Kepala Desa Petai Baru itu menyampaikan kegiatan ini dapat terlaksana melalui adanya Keputusan Kepala Dinas PMD Dukcapil Provinsi Riau dengan Nomor KPTS.188/PMD Dukcapil/Pemdes/50 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Keuangan Khusus (BKK) dari Provinsi Riau Kepada Desa Tahun Anggaran 2022.

“Bertujuan meningkatkan kapasitas dan kemampuan pemuda dan pemudi terutama yang bertani, untuk meningkatkan hasil pertanian melalui pemanfaatan pupuk organik sehingga mampu meningkatkan pendapatan pemuda yang petani nantinya,” ujar Daryanto yang akrab disapa Mbah Kung itu.

Dalam kegiatan yang diikuti oleh sebanyak 13 desa se-Kecamatan Singingi, dengan jumlah total peserta yang merupakan pemuda sebanyak 104 orang pemuda ini, sambung Daryanto yang didampingi Ketua Forum Kepala Desa (Forkades) Singingi, Herawan sekaligus Kades Logas itu mengatakan, setiap peserta diberikan berupa uang saku, uang trasnportasi, seragam, tas, ATK serta makan siang dan snack diharapkan mampu menyerap ilmu yang diberikan dengan baik oleh pemateri, serta peserta diminta untuk mengikuti kegiatan sampai selesai.

“Selain dari pada itu, tujuan diadakannya pelatihan ini adalah membuka lapangan pekerjaan baru di desa desa se Kecamatan Singingi nantinya,” tandas Daryanto, “Untuk peserta diminta agar dapat serius dalam mengikuti kegiatan tersebut,” tutupnya.(*)

Artikel ini telah dibaca 20 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Buka Pacu Di Rawang Udang, Pemangku Adat Benai Apresiasi Kepedulian Bupati Suhardiman

12 April 2024 - 16:11 WIB

Buka Turnamen Sepakbola Di Beringin Jaya, Hevi Berharap Lahirkan Talenta Baru

11 April 2024 - 19:34 WIB

Gelar Open Huose, Ribuan Warga Sambangi Kediaman Bupati

10 April 2024 - 17:21 WIB

Lepas Pawai Takbir di Kampung Baru Sentajo, Hevi ; Besok Kita Perebutkan Piala Bergilir Camat

10 April 2024 - 17:16 WIB

Camat Sentra Sholat Id Di Beringin Jaya, Minta Warga Perkuat Silaturahmi

10 April 2024 - 17:12 WIB

Bupati Dan Kapolres Tinjau Sejumlah Poskotis Lebaran Di Kuansing

8 April 2024 - 19:21 WIB

Trending di Kuantan Singingi